-->

Resep dan cara membuat sambel ikan tongkol sederhana tapi lezat

Resep dan cara membuat sambel ikan tongkol sederhana tapi lezat - Hello sahabat Bunda masih berjumpa di artikel Resep Premium Makanan yang Terenak dan Terlezat. Saat musim hujan seperti sekarang ini, masakan yang pedas lagi gurih memang menjadi salah satu masakan yang sangat sedap untuk disantap sebagai menu makan siang atau makan malam.

Apalagi, jika masakan ini juga kaya nutrisi seperti halnya ikan. Yap, ikan merupakan salah satu sumber nutrisi yang tak hanya sehat juga tetapi juga lezat. Terlebih lagi, jika ikan ini merupakan ikan laut yang dimasak dengan bumbu sederhana namun menghasilkan rasa gurih pedas yang sedap.

Selain ikan tongkol enak untuk dimasak ternyata ikan tongkol banyak mengandung vitamin dan manfaat yaitu 179 kalori, 1 gram lemak, 46 mg kolesterol, 521 mg natrium, 39 gram protein, Vitamin A 2%, Vitamin C 2%, Kalsium 2%, Zat besi 13%, protein yang tinggi, menjaga kadar elektorolit tubuh, membantu meningkatkan fungsi otak dan kaya akan antioksidan.

Recommended for you :

Tongkol merupakan jenis ikan yang paling rentan dengan kontaminasi merkuri. Merkuri atau istilah dalam bahasa Indonesia adalah air raksa yaitu Zat kimia yang berbahaya yang dihasilkan oleh limbah manusia seperti pembakaran, pertanian, limbah pabrik-pabrik dan obat-obatan.

Limbah bekas rumah tangga ataupun limbah dari pabrik biasanya dibuang ke sungai dan berujung mengendap di laut. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri. Metilmerkuri kemudian terserap ke dalam daging ikan dan masuk ke dalam otot-ototnya.

Berbicara mengenai masakan ikan yang gurih pedas, kali ini resep premium memiliki resep sederhana sambal tongkol gurih pedas. Seperti apa resepnya? Simak baik-baik berikut ini.

Resep dan cara membuat sambel ikan tongkol sederhana tapi lezat

Bahan membuat sambel ikan :
  • 5 Jenis ikan tongkol ukuran sedang cuci bersih , buang isi dalam perut cuci kembali lalu di goreng kemudian sisihkan Minyak goreng (secukupnya)
  • 2 buah tomat (iris sesuai selera)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 5 cm lengkuas (memarkan)
  • 5 cm jahe (memarkan) Bumbu
  • 7 siung bawang merah (haluskan)
  • 5 siung bawang putih (haluskan)
  • 20 buah cabai rawit (haluskan)
  • 3 buah cabai merah besar (haluskan)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat Sambel Ikan Tongkol :

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Jika sudah, masukkan cabai rawit dan cabai merah besar.
  3. Tambahkan garam, gula, daun jeruk, lengkuas dan jahe.
  4. Masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng sebelumnya dan aduk-aduk rata.
  5. Masukan buah tomat dan kaldu ayam bubuk agar rasa sambal ikan tongkol semakin mantap dan enak. Masak hingga bumbu meresap dan ikan serta bumbu matang sempurna.
  6. Segera angkat lalu sajikan jika sudah matang. Ladies, itulah resep membuat sambal ikan tongkol yang gurih lagi sedap juga pedas.
Masakan ini akan semakin nikmat jika dinikmati bersama nasi hangat dan kerupuk. Tertarik mencoba resep ini? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Demikian cara membuat dan resep sambel ikan tongkol yang sangat enak dan lezat.

 Tetap ikutan blog ini trus,bakal update setiap hari.jika anda suka silahkan share blog ini untuk membantu content biar berkembang dan rajin update.terima kasih

0 Response to "Resep dan cara membuat sambel ikan tongkol sederhana tapi lezat"

Post a Comment

ok

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel