-->

Resep Premium dan Cara Membuat Gudeg Asli jogja yang sangat nikmat

Resep Premium dan Cara Membuat Gudeg Asli jogja yang sangat nikmat
Resep Premium dan Cara Membuat Gudeg Asli jogja yang nikmat - Hello sahabat Bunda masih berjumpa di artikel Resep Premium Makanan yang Terenak dan Terlezat.Yogyakarta, kota istimewa yang terkenal dengan julukan kota pelajar ini memang selalu memiliki beragam keunikan yang menarik wisatawan. Di Yogyakarta juga menjadi tempat andalan tourist yaitu tempat bersejarahnya.

Jika Anda mendengar makanan khas Yogyakarta, tentu Gudeg adalah makanan pertama yang terlintas di benak Anda. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bukan dengan sayur nangka saja gudeg dibuat, tetapi dapat disajikan dengan sambel goreng krecek.Rasanya yang manis dan legit menjadi ciri khas hidangan yang satu ini. Membuat gudeg dibutuhkan teknik memasak slow cooking. 

Makanan khas kota pelajar ini memang memiliki keunikan dan cita rasa khas tersendiri. Gudeg adalah makanan olahan yang berbahan dasar nangka muda. Untuk resep Gudeg Jogja sendiri menggunakan buah nangka yang tidak terlalu tua, tetapi juga tidak terlalu muda. Cara membuat gudeg jogja bisa dibilang sangat mudah dan tidak terlalu ribet

Recomended for you : 




Bahan masakan yang menjadi ciri khas masakan ini adalah daun jatinya. Dari daun jati inilah warna cokelat dan aroma khas sayur gudeg berasal. Kali ini, Resep Premium Makanan yang terenak dan terlezat hendak membagikan resep gudeg kering yakni gudeg yang disajikan dengan areh yang sangat kental dan tidak berkuah basah. Tapi jangan khawatir, Anda tidak harus pergi ke Yogyakarta untuk dapat menikmati makanan ini. Jika anda orang jawa pasti akan tidak kesulitan jika harus membuat gudeg di rumah, karena resep dan bumbu yang di gunakan seperti resep masakan jawa pada umumnya.

Sudah tidak sabar untuk mengetahui cara membuat gudeg dan bahan yang diperlukan serta cara membuatnya? Dibawah ini bahan dan cara membuat gudeg jogja

Resep Premium dan Cara Membuat Gudeg Asli jogja yang sangat nikmat

Bahan dan bumbu untuk membuat gudeg jogja :

Bahan dan Bumbu : 


  • Garam 2 sendok makan 
  • Kemiri yang disangrai 10 butir 
  • Ketumbar yang sudah disangrai 1 sendok teh 
  • Bawang merah 15 butir 
  • Bawang putih 10 butir 
  • Merica bubuk setengah sendok teh 
  • Nangka muda kurang lebih 1 kg 
  • Santan 2 liter 
  • Air kelapa 1 liter 
  • Lengkuas yang diiris memangjang 
  • Daun salam 5 lembar Telur rebus (sesuai selera Anda) 
  • Gula aren 200 gram 

Cara Membuat sambel krecek:


  1. Bilas krecek yang sudah direndam tadi, beberapa kali menggunakan air mengalir sampai airnya tidak berminyak dan keruh. Peras kreceknya. SIsihkan. 
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun salam, serai, santan encer, dan krecek. Aduk perlahan. 
  3. Tambahkan gula merah dan air asam jawa. Masukkan garam, sesuaikan rasanya. 
  4. Masak hingga sambal krecek agak mengering. 
  5. Masukkan santan kental, aduk rata dengan perlahan-lahan. 
  6. Setelah agak kering, masukkan semua cabe rawit. Angkat dan siap disajikan. 
Setelah bahan-bahan dan cara membuat sambel krecek diatas sudah siap, Anda dapat membuat gudeg dengan cara sebagai berikut:

Cara memasak gudeg asli jogja : 


  1. Cuci nangka yang tadi sudah Anda siapkan, lalu dipotong dadu Rebus nangka tersebut beberapa menit kemudian tiriskan
  2. Masukkan telur rebus, gula aren, dan nangka yang sudah dipotong tadi ke panci. 
  3. Sebelumnya, Anda perlu memberi alas pada panci dengan beberapa lembar daun salam yang tadi disiapkan, sedangkan diatasnya diletakkan irisan lengkuas. 
  4. Haluskan bumbu-bumbu kemudian campurkan dengan setengah air kelapa. Lalu aduk merata dan tuangkan pada panci. 
  5. Tuangkan air kelapa yang tidak dicampur sampai telur dan nangka semuanya terendam kemudian tutup pancinya. 
  6. Di masak selama 2 jam dengan api sedang tanpa membuka tutup panci Jika air sudah menyusut, sisihkan, dan angkat telur.
  7. Tuangkan santan dan aduk sambil menghancurkan potongan nangka.
  8. Telur dimasukkan lagi hingga sedikit terendam dengan nangka. 
  9. Masak kembali kurang lebih 3 sampai 4 jam dengan api kecil sambil diaduk perlahan. 
  10. Kalau santan sudah habis dan gudeg berubah berwarna coklat kemerahan itu berarti gudeg anda sudah matang.

Tips untuk membuat gudeg nangka Pertama, ada baiknya Anda menggunakan kompor listrik karena saat memasak dengan api kecil, jika dengan menggunakan kompor maka api tersebut bisa mati. Kedua, karena waktu yang lama dalam memasak, Anda lebih baik menggunakan panci dengan alas yang tebal. Jangan gunakan santan instan, benar-benar santan dari kelapa tua. Kelapa tua inilah rahasia rasa gurih yang tercipta agar gudeg terasa lebih sempurna. Jenis makanan khas gudeg jogja ini semakin enak jika di kombinasikan dengan sambal goreng.krecek dan opor ayam tahu.

Cukup mudah bukan untuk membuat makanan yang satu ini dengan resep gudeg Jogja istimewa tersebut? Bahan-bahan yang dibutuhkan pun bukanlah bahan yang harus didapatkan atau ditemukan di Yogja saja, Anda dapat menjumpainya di daerah Anda dan mulai mencoba mempraktikkan resep dan beberapa tips yang sudah dijelaskan diatas.

Demikianlah resep termudah cara membuat gudeg yang nikmat dan lezat.

Tetap ikutan blog ini trus,bakal update setiap hari.jika anda suka silahkan share blog ini untuk membantu content biar berkembang dan rajin update.terima kasih

0 Response to "Resep Premium dan Cara Membuat Gudeg Asli jogja yang sangat nikmat"

Post a Comment

ok

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel